Friday, Dec 15, 2017
HomeBerita1.000 Mahasiswa Bidik Misi Mengikuti Pelatihan Website di TIK UR

1.000 Mahasiswa Bidik Misi Mengikuti Pelatihan Website di TIK UR

www.unri.ac.id – Universitas Riau melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebagai penaggungjawab Beasiswa Bidik Misi Universitas Riau bekerja sama dengan UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UR (TIK) mengadakan pelatihan pembuatan websites bagi 1.000 mahasiswa penerima Bidik Misi khususnya angkatan 2012 dan 2013.

Pelatihan dilaksanakan selama 12 hari, dimulai dari tanggal 14 – 25 November 2015, dimana dalam satu hari akan dibagi menjadi dua sesi, sesi pagi dari jam 08.00 – 12.30 diikuti 50 orang mahasiswa dan sesi siang dari jam 13.00 – 17.00 diikuti oleh 50 orang mahasiswa pula.

edit 5

Suasana pelatihan website menggunakan Google Sites (foto: Hizra – TIK UR)

Mengambil tempat di ruang Melati UPT TIK UR, tiap sesinya akan dilatih oleh 7 instruktur yakni Drs Defrianto DEA, Hizra Marisa S.Ip M.Si, Salhazan Nasution M.IT, Anah Romi M.Kom, Wilda Susanti M.Kom, Nurfatihayati ST dan Benny Kurnia Sukma S.Kom serta dibantu oleh 11 asisten instruktur.

“Satu hari kita melatih 100 mahasiswa yang dibagi menjadi dua sesi, dengan menurunkan 7 orang instruktur dan 11 asisten instruktur yang semuanya adalah pegawai TIK” ungkap Drs Defrianto DEA Kepala TIK UR ditemui disela-sela acara pelatihan.

Universitas Riau sebagai institusi perguruan tinggi selama 53 tahun terus berupaya memastikan alumni yang diciptakan adalah alumni yang tidak hanya memiliki kemampuan hardskill sesuai keilmuannya, tapi juga kemampuan softskill.

“Kemampuan softskill ini dikembangkan melalui bidang kemahasiswaan. Hal ini menjadi prioritas dikarenakan tantangan zaman kedepan semakin kompetitif. Maka dari itu kami dari Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebagai penaggungjawab Beasiswa Bidik Misi Universitas Riau merasa perlu memfasilitasi pengembangan kapasitas untuk mahasiswa yakni pelatihan pembuatan website.” ucap Dr Syafrial M.Pd selaku Wakil Rektor III sekaligus penanggungjawab kegiatan.

Ditambahkan oleh Ir Saifuddin M.Si selaku Pelaksana Teknis Acara mengatakan bahwa dengan pelatihan tersebut selain memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berbagai kebutuhan yang menunjang kehidupan manusia dewasa ini juga meningkatkan kapasitas diri mahasiswa dalam pembuatan website.

Pelatihan Website Berbasis Google Sites

Puluhan mahasiswa penerima Bidik Misi angkatan 2012 dan 2013 tampak memenuhi ruang komputer di TIK UR. Pelatihan website kali ini menggunakan Google Sites.

Salah seorang instruktur ditemui diakhir pelatihan menyatakan bahwa penggunaan Google Sites dalam pelatihan pembuatan website kali ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kerjasama yang telah dijalin sejak 2014 antara Universitas Riau dengan Google Indonesia.

edit 1

Instrutur tengah memberikan materi pelatihan dihari pertama pelatihan (foto: Hizra – TIK UR)

edit 2

“Selain kita telah MoU dengan Google Indonesia dalam implementasi Google Apps For Education di lingkungan UR, pembuatan website yang kita latih 12 hari kedepan juga berbasis Google Sites. Tidak hanya mudah tetapi juga banyak memberikan manfaat bagi civitas kita, salah satunya storage capacity (kapasitas penyimpanan -red) yang unlimited (tak berbatas -red), tentu saja bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh mahasiswa” ucap salah satu instruktur.

Senada dengan hal tersebut, Kepala TIK UR juga mengharapkan bahwa dengan pelatihan dan pemanfaatan GAFE (Google Apps For Education) khususnya Google Sites dapat memacu semangat mahasiswa untuk menuangkan ide dan tulisan ilmiahnya didalam website.

“Selain ilmu yang berguna dalam pembuatan wesbite, diakhir peserta yang mengikuti pelatihan ini tidak dikenai biaya, bahkan juga mendapatkan sertifikat” ucap Defrianto.

Bagi mahasiswa penerima Bidik Misi angkatan 2012 dan 2013 yang ingin mengetahui jadwal pelatihan bisa melihatnya di website TIK UR***(Hizra – TIK UR)

FOLLOW US ON:
How Math and Science
Interesting Gadgets:

benny@unri.ac.id

Rate This Article: