Akun Email

Akun Email berdomain unri.ac.id merupakan hak Sivitas Akademika Universitas yang disediakan oleh Universitas Riau melalui UPT TIK. Univesitas Riau saat ini menyediakan dua jenis email berdomain unri.ac.id, yaitu GAFE dan Zimbra. Berikut merupakan definisi prosedur mendapatkan akses email yang tersebut:

 

1.GAFE (Google Apps for Education)

GAFE merupakan akun email yang diperuntukkan untuk Dosen, Mahasiswa, Staf, Jurnal dan Unit. GAFE sudah ada sejak tahun 2015 dan telah digunakan oleh seluruh mahasiswa untuk membantu perkuliahan dan penelitian mereka. Aplikasi GAFE yang sering digunakan Sivitas Akademika Universitas Riau adalah aplikasi Classroom dan Meet. 

Link Login Email GAFE: gmail.com

Prosedur permohonan pembuatan/perbaikan email yaitu dengan cara mengisi From Pengajuan Pembuatan/perbaikan akun GAFE. Setelah mengisi form tersebut pemohon akan mendapatkan email balasan dari UPT TIK yang berisi akses akun GAFE pemohon. Email balasan tersebut dikirim ke email yang dicantumkan pemohon pada form telah diisi.

Catatan: melanjutkan kebijakan google terbaru yang membatasi storage institut, maka saat ini storage yang diberikan kepada mahasiswa dan staf untuk saat ini akan dibatasi, apabila ada mahasiswa yang terkendala dalam menggunakan email dapat melakukan pengecekan jumlah storage yang telah digunakan dan melakukan penyesuaian 

Form pengajuan pembuatan/perbaikan akun GAFE dapat diakses dengan cara klik link dibawah:

2. Zimbra

Zimbra merupakan Akun Email yang diperuntukkan untuk Dosen, Staf, Unit dan Lembaga. Email Zimbra sudah ada sejak tahun 2012 dan telah digunakan oleh Sebagian Besar Staf dan Dosen Universitas Riau. Keunggulan dari email ini adalah domain yang hanya terdiri dari nama user dan domain unri (example@unri.ac.id).

Link Login Email Zimbra: mail.unri.ac.id

Prosedur permohonan pembuatan/perbaikan email yaitu dengan cara mengisi From Pengajuan Pembuatan/perbaikan akun Zimbra. Setelah mengisi form tersebut pemohon akan mendapatkan email balasan dari UPT TIK yang berisi akses akun Zimbra pemohon. Email balasan tersebut dikirim ke email yang dicantumkan pemohon pada form telah diisi.

Form pengajuan pembuatan/perbaikan akun Zimbra dapat diakses dengan cara klik link dibawah: